Minggu, 07 September 2014

Kata-kata Hikmah

"Seburuk-buruk manusia adalah manusia yang tidak peduli ketika orang-orang melihatnya berbuat keburukan."

"Kemuliaan seseorang itu ketika ia sanggup memikul hal-hal yang tidak disukainya, sebagaimana ia sanggup memikul hal-hal yang mulia."

"Bersyukur dengan apa yang ada (qanaah) adalah kemuliaan bagi orang yang hidupnya susah, sedangkan sedekah adalah perhiasan bagi orang yang hiduonya mudah."

"Semua wadah akan menyempit (penuh) jika diisi di dalamnya, kecuali wadah ilmu. Sesungguhnya ia justru akan semakin meluas."

"Jadilah orang yang berilmu, atau orang yang suka menyimak ilmu, atau pendengar ilmu. janganlah menjadi orang yang keempat (tidak melakukan apa-apa) karena kau pasti binasa. Seseorang bertanya: "Wahai Rasulullah, amal apakah yang paling utama?" Rasulullah menjawab: "Ilmu karena Allah".

"Bagaimana mungkin engkau mendapat sesuatu yang luar biasa, sementara engkau belum melakukan sesuatu yang luar biasa."

"Jangan menuntut Tuhan lantaran permintaanmu terlambat dikabulkan. Namun, tuntutlah dirimu lantaran terlambat melaksanakan kewajiban."

"Tidak ada dosa kecil bila dihadapkan pada keadilan-Nya. Dan tiada dosa besar bila dihadapkan pada karunia-Nya."

"Seseorang tidak akan berbohong kecuali karena kehinaannya, kebiasaan buruknya, atau karena sedikit adabnya."

"Hari raya itu bukan bagi orang yang mengenakan pakaian baru. Sesungguhnya hari raya itu ditujukan kepada orang-orang yang ketaatannya (kepada Allah dan Rasul-Nya) semakin bertambah."

"Angan-angan itu seprti fatamorgana. Ia menipu siapa pun yang melihatnya,dan merugikan orang yang mengharapkannya."

 



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar